BLOG



Kapten olahraga, politisi, CEO dan pemimpin modern

Kapten olahraga, politisi, CEO dan pemimpin modern

Apa definisi seorang pemimpin besar?

Apakah kemampuan untuk mengumpulkan tim datang dari belakang dan mengumpulkan kemenangan itu mustahil, seperti Steven Gerrard lakukan dengan kemenangannya di liga Champion Liverpool di Istanbul pada tahun 2005?

Apakah ini kemampuan untuk membangkitkan opini dan membuat faksi di negara dan menanamkan keyakinan begitu kuat bahkan paling baik adalah orang akan beralih pada diri mereka sendiri, seperti dalam kasus pemimpin tentara merah Jatuporn versus Anti-Pemerintah yang dipimpin Suthep di Thailand?

Atau inikah orang yang lapar akan kesempurnaan seperti mendiang Steve Jobs, yang mengubah hidup kita dengan iPhone dan iPads dan mengambil alih Apple Inc. kurang dari USD10 per saham pada tahun 2001 menjadi lebih dari USD400 per saham sebelum kematiannya pada tahun 2011?

Apapun cara kita melihat hal ini, kepemimpinan pada dasarnya adalah proses mempengaruhi di dalam lingkungan sosial di mana satu orang berhasil menginspirasi akan tindakannya dan dukungan dari orang lain untuk menyelesaikan tugas tertentu. Dan pentingnya pemimpin modern di tempat kerja tidak dapat diremehkan.

blog idb

Menurut pendapat saya, kualitas pemimpin besar dapat dibagi menjadi empat hal:

1.    Berpikir besar

Jadilah berpikiran maju dan menciptakan mimpi yang dirasa mustahil. Tanda dari seorang pemimpin yang kuat adalah memiliki sikap yang naif untuk mencapai tujuan, dan keyakinan yang kuat bahwa hal itu akan menjadi leih baik bahkan ketika tanda-tanda yang menunjukkan sebaliknya.

Cue Steve Jobs, 9 Januari 2007 dengan iPhone pertamanya.

2.    Memiliki rencana aksi yang jelas

Hal selanjutnya yang dibutuhkan oleh pemimpin adalah rencana aksi yang jelas tentang bagaimana mencapai visi mereka. Hal Ini merupakan strategi master mereka, rute, atau urutan tindakan yang akan membawa kita dari titik A ke titik B. Perlu juga memasukan cara-cara lain untuk mengatasi hambatan di sepanjang jalan.

3.    Memimpin dari depan

Setiap pemimpin yang sukses dalam sejarah adalah memimpin dari depan. Tidak ada kapten olahraga, politisi atau komandan militer memimpin dari dalam kantor mereka - mereka memimpin di lapangan. Tidak memiliki rasa takut dan kemampuan untuk "turun dan mendapatkan tangan Anda kotor" dengan orang-orang Anda adalah salah satu persyaratan mutlak pemimpin modern.

Contoh ekstrim adalah pemimpin protes anti-Pemerintah Suthep yang menolak untuk mengenakan rompi antipeluru ketika berbicara di podium di Bangkok.

4.    Jangan pernah menyerah

Kita semua pernah mendengar pepatah lama "jangan pernah menyerah", tetapi tidak banyak orang benar-benar dapat menguasai makna itu. Bagian akhir dari teka-teki kepemimpinan adalah gigih - dan bersikeras – sikap anda akan menarik semua orang di garis finish. Ini saat-saat yang sulit bahwa Anda melihat para pemimpin sejati dunia berdiri untuk tujuan yang mereka percaya. Memiliki keyakinan yang tidak dapat dipatahkan dan terus maju saat orang lain mengatakan "berhenti" inilah yang akhirnya akan memisahkan pemimpin dari seluruh paket tujuannya.

Cue Nelson Mandela, yang menjabat 27 tahun di penjara karena menghasut gerakan anti-apartheid sebelum menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan pada tahun 1994.

Kepemimpinan sejati adalah komoditas yang mahal di tempat kerja saat ini dan setiap organisasi di luar sana sedang mencari orang-orang yang memiliki bakat dan sikap yang tepat untuk memimpin.

Saya mulai bekerja dengan Appco Group Asia pada tahun 2002 sebagai fresh graduate yang benar-benar tidak memiliki pengalaman, dan perjalanan saya selama dekade terakhir telah membentuk saya menjadi siapa saya hari ini dan saya sangat bersyukur dan bangga akan hal itu.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana mengembangkan potensi kepemimpinan Anda, silahkan kunjungi website kami untuk melihat bagaimana Anda dapat berkembang bersama kami.

Wong Chee Wai adalah Organisational Head & Country Head untuk Thailand.